Friday 20 March 2015

PENYAJIAN DATA



Suatu ketika Pak Tete Jamaludin mempunyai sebuah permasalahan dengan ingatannya, ia lupa pelajaran kelas VI SD tentang penyajian dan pengolahan data, maklum mungkin karena faktor U. Ia pun memutuskan untuk bertanya pada guru Kelas VI Pak Anam namanya, namun sayang beliau sedang tidak masuk ke sekolah. Pak Tete pun termenung, tiba-tiba Pak Sutisna Guru Kelas V datang menghampiri, kemudian bertanya “ada apa Pak? Punya masalah apa sih” “ah engga, cuman sedikit”
jawab Pak Tete “eh, kabiasaan ah, dengerin prinsip hidup saya. Hidup itu jangan di bikin susah, ngga dibikin-bikin juga sudah susah…, he…he…” kata Pak Entis, panggilan akrabn beliau. Teeeeeeet…, teeeeet…, bel pun berbunyi. “eh, waktunya kita masuk nih, ayo masuk!, nanti pleno ini kita lanjutkan lagi, he…he..” jawab Pak Tete sambil masuk ke dalam kelas di iringi Pak Sutisna masuk ke kelas V.

Beberapa jam kemudian istirahat pun tiba. Kini mereka kembali lagi kumpul di ruang guru sambil melanjutkan perbincangan yang tadi pagi sempat terputus. “Sebenarnya begini Pak Entis, beberapa waktu yang lalu saya masuk ke kelas VI, kebetulan waktu itu pelajaran matematika. Saya disambut salam oleh anak kelas VI, dilanjut dengan pertanyaan anak tentang penyajian dan pengolahan data. Ada beberapa yang saya lupa, bisa engga di jelaskan?” “Ouh jadi itu masalahnya, ok begini caranya” kata Pak Entis.

      A.    Penyajian Data

Penyajian suatu Data dapat dibuat dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang dan diagram lingkaran. Kita ambil contoh misalkan data hasil panen:

    Tabel
Perhatikan Hasil panen 2011 di Kampung Jambu :
Tanaman
Jumlah (ton)
Padi
400
Jagung
200
Kacang
300
ketela
100
Jumlah
1000

Jika kita merubahnya ke dalam diagram lain


      Diagram garis



Penyajian data dalam bentuk diagram garis dapat menjelaskan besar kecilnya nilai objek yang diteliti, juga dapat mempermudah dalam melihat naik turunya suatu objek dalam kurun waktu tertentu. Contoh pada diagram berikut:
Padi merupakan hasil panen terbesar tahun 2011
Panen kacang lebih banyak daripada jagung
Selisih hasil panen padi dengan ketela 300 ton

    Diagram batang



Diagram batang dan diagaram garis memberikan informasi yang sama


    Diagram lingkaran





 

No comments:

Post a Comment