Thursday 26 March 2015

MELIRIK USAHA BATU

Bukan hanya artis dan aktor yang mempunyai peran, batupun tak kalah pentingnya memiliki peran dalam kehidupan manusia. Berbagai peran dan manfaat batu dalam kehidupan begitu besarnya bagi kelangsungan hidup makhluk disekitarnya. Peran batu dari zaman purba sampai dengan zaman kiwari (sekarang) tidak ada matinya.


Jika dahulu batu dijadikan sebagai alat perkakas oleh manusia purba. Sekarang waktunya batu naik daun. Namun jika dilihat dari manfaatnya, batu dapat dikategorikan sebagai:

Perkakas

Pada zaman manusia purba batu sudah mulai digunakan sebagai perkakas, diantaranya sebagai kapak, beliung dan lain-lain untuk keperluan berburu dan meramu makanan oleh manusia purba.

Bahan bangunan

Didalam interior maupun exterioir rumah pun terdapat batu, misalnya batu untuk pondasi dan batu untuk hiasan di dinding.


Patung/arca

Tidak hanya untuk keperluan atau perabot rumah, batupun bisa dijadikan nilai seni ataupun hanya pemuas hobi belaka. Selain itu patung juga bisa dijadikan sebagai simbol suatu kejayaan, kekuatan dan lain sebagainya.

Batu akik/batu ali

Selain sebagai hiasan batu jenis ini pun terkadang dipercaya mendatangkan manfaat, berkah, kejayaan, dan masih banyak lagi yang mempercayainya. Harganya pun sangat berpariatif mulai dari puluhan ribu sampai dengan jutaan. Apalagi jika sudah memenangkan kontes, sudah pasti bisa selangit. Batu jenis ini pun mewabah mulai dari anak sekolah sampai manula. Itulah hebatnya zaman batu akik, mungkin melebihi manusia purba di zaman batu.

Perabot rumah tangga

Perabot rumah tangga pun tidak terlepas dari sebuah batu, baik itu sekedar keperluan sendiri maupun untuk keperluan membuat produk olahan untuk orang lain. Salah satu batu kategori ini cukup banyak digunakan mulai dari rumahan sampai dengan restoran terkadang masih banyak yang menggunakannya, salah satu kategori alat ini adalah cobek dan ulekan (sunda: coet dan mutu).

Batu kematian

Tidak hanya dalam kehidupan setelah matipun batu tetap setia mengikuti manusia untuk masuk ke liang lahat. Tentu tahu kan apa kategori batu ini?

Dari sederetan peran batu dalam kehidupan sehingga bisa membuka peluang besar bagi pengrajin yang pandai melirik bisnis batu. Mulai dari batu kali sampai dengan batu ali.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment