Saturday 4 April 2015

KEISTIMEWAAN ANGKA 7 (TUJUH)



Postingan kali ini penulis ingin mengangkat tentang “Keistimewaan angka 7 (tujuh)” yang terdapat dalam kehidupan kita. Wah apa istimewanya? Itukah pertanyaan anda? Ok. Mari kita kupas bersama beberapa “Keistimewaan angka 7 (tujuh)”.


Hari ada 7

Tujuh dalam keseharian kita adalah hari, yakni 7 hari dalam seminggu. Dalam seminggu yang berjumlah tujuh hari tersebut masing-masing mempunyai nama hari yang berbeda walau jumlah waktunya tetap sama yakni 24 jam dalam sehari semalam. 

Peringatan orang meninggal (nujuh poe)

Dalam kehidupan tradisi masyarakat lekat dengan yang namanya tahlilan (berkumpul di rumah keluarga almarhum) dengan maksud untuk mendo’akan si mayit. Dari beberapa tahlilan diantaranya adalah tahlilan hari ke tujuh (sunda: nujuh poe). Dihari pertama, ke tiga, ke tujuh, empat puluh (matang puluh), natus (100 hari) , mendak, nyewu (1000 harinya).

7 bidadari

Dalam dunia sastra pun tidak ketinggalan dengan yang namanya angka 7 yakni dikenal/tenar dengan 7 bidadari. Akrab di telinga kita dengan cerita 7 bidadari turun dari khayangan ke bumi lalu mandi di sebuah sungai, dan dicurilah salah satu selendang bidadari tersebut. Dan seterusnya…

Curug tujuh

Dalam alam pun terdapat angka yakni Sebuah tempat wisata yang terletak di Kampung Leuwisapi Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Terdapat curug yang berjumlah tujuh bagian/tingkatan, makannya disebutlah curug tujuh.

Kembang tujuh rupa

Tradisi mandi kembang, memandikan perabot pusaka, batu, benda-benda yang bertuah biasanya akan dimandikan dengan kembang tujuh rupa. Kembang tujuh rupa mempunyai arti dan tujuan. Bunga Mawar Merah yang mempunyai makna kelahiran diri manusia ke dunia. Bunga Mawar Putih ketentraman, sejahtera, dan damai.

Langit
 
Allah menciptakan langit dalam susunan tujuh lapis. FirmanNya, “Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan kepada tiap-tiap langit urusannya"
(Fushshilat: 12)

Terdapat tujuh ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang penciptaan langit
o   QS Al HAdid: 4
o   QS. Al-A’raf: 54
o   QS Yunus: 3
o   QS Qaf: 38;
o   QS Hud: 7
o    QS As-Sajadah: 4;
o   dan QS Al-Furqan: 59;

Semoga senantiasa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment